Sunday, March 20, 2011

Terkuak Wajah Cleopatra Sebenarnya Tidak Kebarat-baratan


Kisah tentang Cleopatra sudah demikian banyak, bahkan yang diangkat ke layar perak pun tak kurang dari lima film.
Pemerannya, mulai dari Elizabeth Taylor hingga Sophia Loren dan lain-lain. Semuanya menggambarkan tentang betapa cantiknya Ratu Mesir itu. Tapi bagaimana persis wajah sang Ratu, tidak ada satupun yang mampu memastikannya secara tegas.
Banyak klaim dari kalangan ahli purbakala tentang wajah Sang Ratu, namun klaim Sally Ann Ashton, ahli purbakala tentang Mesir, dianggap paling realistis dari semua. Ia melakukan penelitian dengan tekun selama 1 tahun lebih pada artifacts kuno dan benda kuno lainnya yang berkaitan dengan kehidupan Cleopatra. Hasilnya dituangkan pada computer 3D yang menghasilkan gambar paling mendekati tentang wajah Cleopatra yang hidup 2000 tahun lalu.
Hasilnya, gambar seorang wanita cantik dengan wajah etnik campuran yang jelas sangat berbeda dengan versi kebarat-baratan seperti Elisabeth Taylor yang menjadi Cleopatra dalam film tahun 1961. "Penelitian itu menghasilkan gambar seorang wanita dengan kecantikan yang sangat menonjol, kecantikan dengan raut mix etnik," kata Dr Sally Ann Ashton dari Cambridge University.
Diperkirakan wajahnya merupakan campuran Yunani-Mesir. Bisa jadi pada Cleopatra mengalir sedikit darah Barat (Yunani). Namun keluarga Cleopatra sendiri telah turun temurun tinggal di Mesir selama 300 tahun sampai akhirnya dia berkuasa (menjadi ratu mesir). Dari berbagai cerita dikisahkan kecantikan Cleopatra kesohor ke seluruh dunia. Ia juga dikenal ‘ahli' memperdayai lawan jenisnya. Tak kurang dari Kaisar Roma, Julius Caesar, bertekuk lutut di hadapannya.
Gambar Cleopatra versi Sally Ann Ashton sangat kontras berbeda dengan yang telah ada selama ini, bahkan yang muncul pada coin perak yang dipamerkan di museum Sefton, Newcastle University beberapa waktu lalu. Cleopatra di sana digambarkan sebagai wanita berdahi pendek, dagu runcing, bibir tipis dan hidung betet. Sementara kekasihnya, Jendral Roma, Mark Anthony lebih kecil, matanya menonjol dengan leher tebal. Namun tampilan gambar Ratu seperti itu menjadi perdebatan di kalangan akademis.
Sementara patung Cleopatra yang dipamerkan di Museum Inggris pada 2001 menunjukkan Ratu Mesir itu tingginya tidak lebih 5 feet (152 cm) dan bertubuh agak montok. Lahir di Alexandra pada tahun 69 SM ( Sebelum Masehi) saat dinasti Yunani-Makedonia menguasai Mesir selama tiga abad.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts